Resep Es Gabus, Jajanan Semasa Kecil Yg Penuh Kenangan

Tuesday, 22 March 2016

Resep Es Gabus, Jajanan Semasa Kecil Yg Penuh Kenangan

Es Gabus
Resep Es Gabus, Jajanan Masa Kecil Penuh Kenangan - Es gabus adalah salah satu jajanan kesukaanku semasa kecil karena rasanya yang unik dan tidak bisa di lupakan. Setelah aku tahu ternyata es ini terbuat dari santan di campur gula pasir dan tepung hunkwe saja, tetapi rasanya bisa enak dan gurih bingiit bund.  Mungkin di sebabkan oleh penggunaan tepung hunkwe atau tepung yang terbuat dari kacang hijau pilihan, karena tepung ini apabila di masak akan mengeluarkan aroma yang khusus dan bertekstur kenyal.

Selain di gunakan sebagai bahan utama es gabus, ternyata tepung hunkwe ini biasa di gunakan sebagai bahan baku kue pisang, cendol dan puding. Aroma dari hunkwe yang khas ini tidak bisa tergantikan sebagai bahan utama pembuatan es gabus. Ada beberapa orang yang pernah mencoba mengganti dengan tepung kanji, dan menghasilkan rasa es yang tidak sedapp dan lebih cenderung aneh.

Maka dari itu penggunaan tepung hunkwe sebagai bahan utama dalam es gebus ini tidak bisa di ganggu gugat lagi. Selain menghasilkan cita rasa aromanya yang khass, es ini juga memiliki tekstur yang sangat lembut tapi kenyal di mulut.

Nah, untuk Bunda di rumah yang mau bernostalgia sama es gabus ini, berikut adalah resep es gabus ala bunda Ferra Rusli yang bisa bunda coba.

Es Gabus


Bahan-bahan:
  1. Tepung hunkwe sebanyak 2 bungkus
  2. Santan sebanyak 1200 cc
  3. Gula pasir sebanyak 350 gram / sesuai selera
  4. Garam sebanyak 1 sendok teh
  5. Pewarna makanan (hijau) sebanyak 5 tetes
  6. Coklat bubuk sebanyak 2 sendok makan

Cara Membuat Es Gebus

  • Campurkan 2 bungkus tepung hungkwe, dengan 1200 cc santan, 350 gula pasir dan 1 sendok teh garam, aduk rata, setelah itu bagi adonan menjadi 3 bagian.
  • Adonan pertama tambahkan bubuk coklat (larutkan 2 sendok makan bubuk coklat dengan air sedikit sebelum di masukan ke dalam adonan) aduk rata, lalu masak di atas api sedang hingga mendidih, kemudian tuangkan ke dalam loyang berbentuk persegi.
  • Adonan kedua tambahkan 5 tetes pewarna hijau, lalu masak di atas api sedang sampai mendidih dan tuangkan tepat di atas lapisan coklat tadi secara perlahan-lahan.
  • Adonan ketiga masak hingga mendidih lalu tuangkan tepat di atas lapisan hijau secara perlahan-lahan.
  • Dinginkan dan potong-potong sesuai selera lalu bungkus potongan es tersebut dengan plastik berukuran 5x8 cm, kemudian susun di dalam freezer, dan bekukan selama 6-8 jam.

Ciri khas dari es gabus ini adalah bentuknya kotak tipis yang memiliki warna alami, sekilas terlihat seperti kue lapis. Cara makannya juga tergolong cukup unik, tidak di jilat seperti kita memakan es krim tetapi digigit, sensasi makan es gabus ini rasanya seperti kita memakan puding.

Dalam membungkus es gabus ini juga ada tekniknya bund, supaya gampang, mudah dan cepat, sebelum es di masukan ke dalam plastik celupkan terlebih dahulu setiap potongan es ke dalam air. Sesuai dari namanya, Es Gabus paling maknyoss apabila disantap baru keluar dari freezer.

Selamat mencoba bunda yaa. Semoga anak-anak dan suami di rumah menyukainya, silahkan bagikan resep ini ke teman-teman bunda zaman SD dulu melaluli sosial media yang bunda gunakan, seperti twitter, facebook, whatsapp, linkedin dan sosial media yang lainya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Resep: Bunda Ferra Rusli

Baca juga resep lainya di bawah ini :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Previous
Next Post »