Skip to main content
Resep Cake Kentang Kukus Enak dan Lembut Binggo!

Resep Cake Kentang Kukus Enak dan Lembut Binggo!

Cake Kentang Kukus

Cake Kentang Kukus

Bahan -bahan

Tepung terigu cakra kembar 250 gram
Kentang,kukus dan haluskan 390 gram
Sp/TBM 1/2 sendok teh
Mentega, kocok sampe lembut 150 gram
Telur 4 butir
Bubuk coklat 2 sendok makan
Gula pasir 100 gram
Keju secukupnya buat taburan

Cara membuat Kue Bolu Kentang

1. Kukus kentang, lalu haluskan ketika masih panas dengan batuan garpu, sisihkan, kemudian dalam wadah lain kocok mentega sampe lembut. sisihkan.

2. Kocok telur dengan gula dan SP sampai mengembang, lalu masukkan tepung terigu, dan aduk dengan mixer, kemudian masukkan mentega yang sudah di kocok tadi, aduk rata dan terakhir masukkan kentang yang sudah di haluskan tadi, aduk sampai rata, adonan ini teksturnya cukup kental bund ya.

3. Setelah itu bagi adonan menjadi 2 bagian, yang satu bagian biarkan tetap putih saja warnanya dan yang satunya lagi bunda tambahkan bubuk coklat, aduk rata.

4. Panaskan dandang kukusan sampai airnya mendidih, lalu olesi loyang dengan sedikit minyak dan taburi dengan sedikit tepung terigu supaya tidak lengket nantinya, kemudian tuangkan adonan yang berwarna putih ke dalam loyang, ratakan, lalu tuangkan adonan yang berwarna coklat, dan ratakan kembali, terakhir taburi permukaan atasnya dengan potongan keju yang kecil-kecil.

5. Kukus adonan cake kentang selama 45 menit sampai 1 jam atau sampai matang dan sebelum di angkat tusuk dulu dengan sumpit untuk mengetahui sudah matang atou belum, kalau sudah matang segera matikan api dan tunggu sampai dingin lalu taburi dengan gula halus sebagai garnisnya.

Taaarrraaaaaaaa, akhirnya camilan yang sehat dan enak ini siap untuk bunda santap dengan 1 cangkir teh manis sambil lihat sinetron hehehe.

(tekstur bolu ini sangan lembut, padat dan juga legit bingiiiit bund, pasti bunda dan keluarga pada suka)

Note:Bahan kentangnya bisa bunda ganti dengan ubi jalar, ubi ungu, labu kuning dan talas
Untuk taburan bisa disesuaikan dengan selera masing - masing
(keju,meses,chocochip,irisan almon,dan lain lain)...
Selamat mencoba....

Resep oleh Ainie Dihati Adji di Langsungenak