Skip to main content
Resep Membuat Pie Mini Buah Praktis Lengkap Dengan Tips!

Resep Membuat Pie Mini Buah Praktis Lengkap Dengan Tips!

Resep Membuat Pie Mini Buah Praktis Lengkap Dengan Tips!
Resep Membuat Pie Buah Praktis - Sebenarnya ini adalah pengalaman pertama aku membuat kue pie buah, dan walaupun ada sedikit kendala di pertengahan, alhamdulilah hasilnya memuaskan, apakah bunda-bunda mau mencobanya juga? Yuk kita belajar sama-sama.

Untuk bahan kulit pie buah ini agak berbeda dengan bahan kulit pie susu yang kemarin-kemaren saya bikin. kulit pie buah yang ini teksturnya lebih lembut dan mudah dibentuk.

Resep Pie Buah

Bahan - bahan
  • 75 gram margarin
  • 35 gram gula tepung terigu
  • 1/4 sendok teh garam
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan air es

Cara membuatnya:
  1. Campurkan semua bahan-bahan kulit pie di atas hingga rata, lalu diamkan di dalam kulkas kurang lebih selama 30 menit.
  2. Sambil menunggu bahan yang di simpan di dalam kulkas, panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celcius.
  3. Setelah 30 menit keluarkan adonan dari dalam kulkas, lalu cetak di dalam cetakan pie yang kecil kira-kira dimeternya dibawah 4 cm yang sudah dioles tipis margarin sebelumnya, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu dan panggang di dalam oven selama 30 menit atau sampai matang.
  4. Sedikit cerita pengalaman barusan, sebelum aku oven pie yang sudah di cetak aku hanya tusuk-tusuk seandanya saja dengan garpu/tidak sampai menyentuh bagian dasar aku nusuknya. aku mikirnya meski di tusuk asal aja kue pie akan baik-baik aja seperti kulit pie susu yang aku bikin kemaren (misalnya resep pie susu greentea) ada yang tidak ditusuk pun tidak masalah. bunda tau tidak akibat kecerobohanku ternyata hasilnya?...
  5. Ketika pie sudah didalam oven mungkin sudah 10 menit, aku iseng-iseng saja intip kaca oven. Astagaaaaaa oh my goood!, pie nya membengkak gemuk sekali bund/bagian dasar pie nya menggelembung naik ke permukaan, aku baru tahu ternyata beda dengan kulit pie yang menggunakan telur memang harus ditusuk-tusuk sampai dasar, sementara kulit pie yang tanpa telur, kemaren aku bikin tidak ditusukpun ga ada masalah.
  6. Setelah itu aku segera cepat-cepat keluarkan pie yang bengkak itu, lalu aku langsung tusuk-tusuk dengan garpu tanpa ampun heheh. dan alhamdullilah pie yang tadinya gemuk langsung kempes lagi, kemudian aku lanjut oven kembali sampai matang.

Ini bund serunya buatku belajar baking secara otodidaki/tanpa guru dan pengarahan hehehe, trial and error, apakah bunda di rumah sering mendapatkan kejadian sepertiku ketika belajar baking?... apabila pernah tetap semangat bunda ya...

Nah sementara kita menunggu kue pie nya matang, kita biki vla.

Bahan vla :
  • 300 ml susu cair
  • 50 gram gula pasir
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 kuning telur, dikocok lepas
  • 1/4 sendok teh esens vanila

Cara membuat vla :
  1. Rebus susu, dengan gula, dan tepung maizena sambil terus diaduk sampai meletup-letup, lalu matikan api.kemudian masukkan kuning telur, aduk cepat dan nyalakan api kembali, masak lagi sambil diaduk sampai meletup–letup, tambahkan esens vanila. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Bunda juga bisa pakai vanila bubuk ya, tapi menambahkan vanila bubuknya dari awal memasak susu.

Tips : Supaya kulit pie renyahnya awet meski sudah dituangi vla, kulit pie yang sudah matang bunda olesi dengan cokelat. dengan cara cokelat masak sebanyak (20 gram saja), lalu lelehkan, kemudian oleskan secara merata ke dalam kulit pie.

Setelah coklatnya kering baru bunda semprotkan vlanya, kemudian tata buah-buahan yang sudah di potong-potong diatasnya.
Boleh bunda pakai buah-buahan yang segar tidak harus menggunakan buah koktail kalengan.

Terakhir, sebagai finishingnya, siapkan bahan berikut :
  • 1/2 sendok teh jeli instan plain
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 75 ml air

Caranya
  1. Rebus semua bahan di atas sampai mendidih, lalu segera angkat dan Oleskan keatas pie yang sudah di beri vla dan buah..
  2. Pie buah siap disajikan.

Selamat Mencoba!

Resep by Bunda Lies Surya