Skip to main content
Resep Mudah Membuat Tempe Sendiri di Rumah. Lebih Sehat

Resep Mudah Membuat Tempe Sendiri di Rumah. Lebih Sehat

Resep Membuat Tempe - Setelah tempe di simpan selama 2 hari. sudah bisa bunda dipanen dan langsung di gunakan untuk di bikin aneka kreasi masakan.

Foto yang terlihat di atas itu, kondisinya masih baru 1 hari di simpan, jadi jamur putihnya terlihat sedikit, belum begitu banyak.

Apakah bunda tertarik untuk membuat tempe sendiri di rumah?... gampang ko bund, tinggal bunda ikut 9 langkah di bawah ini :

Resep Mudah Membuat Tempe Sendiri di Rumah

1. Pertama-tama pilih kacang kedelai yang kualitasnya bagus, supaya nanti hasil tempenya bisa lebih bagus.

Resep Mudah Membuat Tempe Sendiri

2. Setelah itu cuci kcang kedelai sampai bersih, lalu rendam selama kurang lebih 1-2 jam.

Resep Mudah Membuat Tempe

3. Rebus kacang kedelai yang sudah di rendam tadi sampai mendidih, lalu matikan api, kemudian tutup panci dan biarkan selama 12 jam.

Resep Membuat Tempe

4. Kupas kulit kacang kedelai tadi dengan cara di remas-remas sampai kulit arinya terlepas, lalu cuci dengan air sampai Bersih.

Membuat Tempe

5. Rebus kembali kacang kedelai yang sudah di kupas barusan selama 20 menit atau sampai empuk, lalu tiriskan.

Mudah Membuat Tempe

6. Apabila sudah benar-benar di tiriskan, simpan kacang kedelai di tempat yang lebar, lalu di angin-anginkan supaya kedelai cepat dingin dan kering,

7. Setelah kedelai sudah kering campurkan dengan 1 sendok teh ragi tempe ke dalam 1 kg kacang kedelai dan aduk sampai rata.

Resep Tempe

8. Bungkus kedelai yang sudah di campur ragi tadi dengan plastik atau dau pisang juga bisa, lalu tutup rapat dengan bantuan lilin, kemudian tusuk-tusuk plastiknya dengan tusuk gigi sebanyak 20 tusukan di setiap permukaannya

9. Taruh di tempat datar dan ada sirkulasi udaranya beberapa saat, lalu pindahkan ke tempat yang hangat dan tertutup selama 1-2 hari, (atau bisa juga di dalam lemari dapur bund ya.)

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Resep & Foto by Maryam Maeco