Skip to main content
Resep Membuat Kue Cucur Gula Merah. Yang Enak, Manis dan Legit

Resep Membuat Kue Cucur Gula Merah. Yang Enak, Manis dan Legit

Resep Membuat Kue Cucur Gula Merah
Resep Membuat Kue Cucur Gula Merah - Kue tradisional yang satu ini cukup populer di masyarakat. rasanya manis khas gula merah membuat kue ini cocok sebagai cemilan. kue ini berwarna coklat kehitaman. seperti gula merah. untuk asalnya kue ini kurang tahu saya asli dari daerah mana, namun yang pasti banyak daerah di indonesia mengenal kue yang satu ini. namun untuk beberapa daerah tertentu kue ini wajib dihidangkan dalam acara adat. seperti daerah jakarta sana.

Bagi kamu semua yang rindu menikmati jajanan yang satu ini, mungkin karena ingat masa kecil sering memakan kue ini , solusinya mudah cukup buat sendiri saja kue ini. mudah sekali membuatnya, bahannya juga sederhana. tak usah takut soal rasanya nanti, kalau ikut petunjuk dengan benar tentu hasil akan memuaskan. tak kalah dengan kue cucur yang ada dipasaran.

Kue Cucur

Bahan / Bumbu
  • 30 gram tepung terigu
  • 125 gram tepung beras
  • 125 gram gula merah, boleh juga menggunakan gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 250 ml air

Cara Membuat Kue Cucur

1.Sebagai langkah pertama, didihkan air sebanyak 250 ml kemudian tambahkan gula merah atau gula pasir, masukkan daun pandan, pastikan gula larut. Setelah mendidih, matikan api saringlah dan diamkan hingga air gula ini tidak terlalu panas.

2.Setelah itu, pada tempat yang berbeda campurkan tepung beras dan tepung terigu, dan tuang perlahan-lahan larutan gula namun sambil terus diuleni.

3.Setelah adonan agak mengental, pukul-pukullah dengan menggunakan telapak tangan Anda dan sambil tuangkan larutan gula hingga habis.

4.Jika sudah tercampur rata dan air gula sudah habis, maka diamkan adonan cucur selama 40 menit.

5.Panaskan minyak goreng pada wajan sebanyak 4 hingga 5 sendok makan, sebaiknya gunakan wajan baja agar hasil resep kue cucur bisa matang sampai ke dalam.

6.Tuangkan adonan kue cucur ke dalam wajan, kemudian siram-siramkan minyak pada adonan tersebut.

7.Jika adonan sudah agak mengering pada pinggirnya, tambahan sedikit lagi adonan mentah pada tengah-tengah kue cucur yang sedang Anda siram-siram minyak dan siram-siram kembali hingga mengembang ke atas dan membentuk seperti gunung.

8.Untuk melihat apakah kue sudah matang atau belum, tusuklah bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk gigi. Sisihkan pada pinggir wajan kemudian tuanglah adonan selanjutnya.

9.Setelah kue cucur yang disisihkan tadi benar-benar matang, Anda bisa mengangkatnya.


Selamat mencoba