Skip to main content
Membuat Mie Sendiri Hasilnya Memang Jempolan. Bebas Bahan Kimia

Membuat Mie Sendiri Hasilnya Memang Jempolan. Bebas Bahan Kimia

Membuat Mie Sendiri Hasilnya Memang Jempolan
Resep Membuat Mie Sendiri Yang Jempolan - Masih penasaran membuat mie homemade, dua hari yang lalu aku coba bikin mie dari resep mas Jamie oliver yang agak-agak ribet 'lengket kemana-mana sekaligus jari terluka hehehe".  Hari ini aku coba lagi membuat mie homemade dengan resep dari buku terbitan GU Graefe und Unzer.

Resep mie yang jempolan ini, sekali aku coba langsung sukses luar biasa bund hehehe... padahal resep mie ini hampir mirip-mirip dengan resepnya mas Jamie, namun perbedaannya hanya pada penggunaan minyak goreng dan garam saja, karena penggunaan minyak goreng yang baik akan menyebabkan adonan mie menjadi lebih lembut dan tidak lengket ke mesin pembuat mie.

Soal rasa, baik mie resep mas Jamie dan resep GU sama-sama enak dan fresh, tetapi dari segi pengerjaan, resep GU lebih simple dan mudah.  Jadi rekomended banget deh untuk mencoba resep dari buku terbitan GU ini

Mie Homemade

Bahan - Bahan
  • 300 gam tepung terigu
  • 3/4 sendok teh garam
  • 3 buah telur ukuran besar
  • 1 sendok makan minyak olive (minyak goreng biasa)

Bahan Lain
  • Tepung terigu untuk taburan secukupnya
  • Mesin pembuat mie

Cara Membuat Mie Homemade

Campurkan tepung terigu dengan garam, lalu masukkan telur dan minyak, aduk rata, kemudian uleni dengan tangan sampai menjadi adonan yang lembut dan bungkus adonan dengan serbet makan, biarkan dalam suhu kamar selama 30 menit.

Bagi adonan menjadi 4 bagian, lalu buat adonan menjadi pipih dengan mesin pembuat mie lubang tingkat 1 (paling besar). Selalu tekuk adonan kemudian pipihkan dengan arah bukan disebelah atas-bawah (lihat foto dibawah ini).  Lakukan berulang hingga adonan lembut dan rata.


Setalah adonan di tingkat 1 halus dan rata, pipihkan adonan berturut-turut pada tingkat ke 2, 3, 4 atau kalau mau lebih tipis lagi hingga tingkat 5.  Saat akan memipihkan adonan tingkat 5, taburi permukaannya dengan sedikit tepung terigu.


Adonan pipih di letakkan pada serbet makan yang sudah ditaburi tapung terigu.  Biarkan adonan pipih ini kering kurleb 30 menit.  Saat menunggu kerjakan 3 buah adonan lain seperti langkah sebelumnya.

Potong adonan pipih dengan cetakan mie.  taburi mie dengan sedikit tepung terigu.  Biarkan mie kering selama 30 menit.


Didihkan air yang sudah diberi garam.  Rebus mie homemade ini selama 3 menit.  Mie ini siap di sajikan.

Saat mencoba mie homemade ini, Shafa memakannya dengan kuah spageti sedangkan Ahsan langsung di makan begitu saja. nyam nyam....

Untuk cara membuatnya, lebih jelasnya bisa bunda lihat video di bawah ini.