Skip to main content
Resep Es Lilin Malaysia. Percobaan Pertama Langsung Untung. Cocok Buat Ide Jualan

Resep Es Lilin Malaysia. Percobaan Pertama Langsung Untung. Cocok Buat Ide Jualan

Resep Es Lilin Malaysia
Resep Es Lilin Malaysia - Selamat pagi bunda. terimakasih untuk bunda-bunda yang sudah menginspirasi saya untuk berani memulai jualan. Sekarang saya baru bisa jualan Es Lilin Malaysia, Alhamdulillah responnya bagus banget. Sempet galau takut gak laku karena udah banyak banget es di koperasi sekolah saya, ternyata malah minta nambah terus hehehehe.

Saya mau share resep dan beberapa saran (berdasar pengalaman saya) buat bunda yang mau mulai jualan es lilin ini. Saya jual es lilin ini dengan harga 1000 an, pakai plastik ukuran 4.5x18. takarannya 2 sendok sayur / tingginya 1 gelas kecil, dan hasilnya ginuk-ginuk dan embul hihi

Awalnya saya ragu karena modal gak cucok sama hasilnya. percobaan pertama saya buat jadi 28 stick aja, Alhamdulillah nutup modal tapi untung mepet. Akhirnya saya coba-coba lagi dan bisa dapat sampai 40 stick, dengan resep modifikasi, dan ini dia resep hasil modifikasi bunda Fitri Nurul :

Es Lilin Malaysia

Bahan - Bahan
  • 1 kaleng SKM/ Susu Kental Manis
  • 500 ml susu cair
  • 6 kaleng air/ pakai kaleng bekas SKM
  • 2.5 sendok makan tepung maizena
  • 2-2.5 sendpk makan gula (kira-kira saja manisnya)
  • Sejumput garam

Cara Membuat Es Lilin Malaysia

1. Campurkan susu kental manis, susu cair, air matang, garam dan larutan tepung maizena

2. Masak dengan api sedang sampai mendidih (jangan lupa diaduk-aduk)

3. Setelah mendidih diamkan sampai dingin/tidak terlalu panas

4. Sambil menunggu dingin, masukkan jelly dan choki-choki ke dalam plastik es

5. Untuk rasa jelly, potong jelly kecil-kecil / sesuai selera. Kemudian masukkan ke dalam plastik es.

6. Untuk rasa choki-choki, potong choki2 menjadi 2 bagian. Kemudian masukan ke dalam plastik es . Tekan-tekan sampai rata ke seluruh permukaan plastik es.

7. Kalau campuran susu sudah dingin, masukkan ke dalam pastik yang sudah kita isi jelly dan choki-choki tadi.

8. Lakukan sampai campuran susu habis

Berdasar pengalaman saya, saya nyoba pakai 4 merk SKM : 

I*dom*ilk, Langsung saya skip buat jualan karena mahal

C*p En*k, Paling saya rekomendasikan karena meskipun ditambah air 6 kaleng tetap manis dan kental

Krim*r, Dibawah C*p En*k, tapi masih kurang kental

Ul*ra J*ya, Paling murah tapi paling encer, jadi kurang terasa susu nya

Kalau untuk yang rasa coklat Ultr* J*ya tetep kentel bunda ^^

Untuk susu cair saya pakai In*omilk karena di tempat saya paling murah hehe.

Untuk pasta saya pakai G*ry Pasta Coklat dan Rich*ese Keju terus saya bagi 3

Jelly saya pake nutrij*ll tapi kurang cantik jadinya

Bunda saya tambahkan rincian modal per produksi ya bun :

SKM C*p Enak : 8500
Susu Uht 500 ml : 6000 (1 liter 12.000 saya bagi 2)
Gery Pasta : 4500 (Rp.300x15 stik)
Plastik es : 1400 (Rp.35 x 40 plastik, sebungkus plastik isi 100 harga 3500)
maizena+gula saya hitung +/- 1000
total : 24.900 + 1000 = 25.900

Semoga bermanfaat bunda dan Terimakasih inspirasinya