Resep Membuat Cireng Salju Crispy Yang Enak. Gurih dan Renyah

Monday, 30 January 2017

Resep Membuat Cireng Salju Crispy Yang Enak. Gurih dan Renyah

Resep Cireng Salju Crispy Yang Enak. Gurih dan Renyah
Resep Cireng Salju - Semua angota keluarga di rumah sangat menyukai jajanan yang satu ini, biasanya kalau kebenara pengin makan cireng kita selalu bikin sendiri, daripada harus beli jauh dan kelamaan nunggu, hehe. Yukk bund, kita bikin cireng sendiri di rumah, dengan resep yang satu ini, wajib bunda coba, karena selain gampang dan cepet, rasanya juga uenakkk bangget!.. Kalo digigit teksturnya kenyal, ada kriuknya dan tidak alot. Silahkan simak resepnya di bawah ini :

Cireng Salju

Bahan - Bahan
  • Tepung kanji/ tapioka 250 gram
  • Bawang putih, haluskan 3 siung
  • Daun bawang, iris tipis 2 batang
  • Air 1 gelas/ 200 ml
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • Garam dan penyedap secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan - Bahan Untuk Kuah
  • Cabe merah 3 buah
  • Cabe rawit 2 buah
  • Air asam jawa 4 sdm
  • Daun jeruk 2 helai
  • Air jeruk nipis 1 sdt
  • Gula merah 3 sdm

Cara Membuat Cireng Salju

Masukkan 250 gram tepung tapioka, 1 sendok makan tepung terigu, 1/2 sendok teh merica bubuk, garam, penyedap rasa secukupnya dan 2 batang daun bawang yang sudah di iris2 ke dalam wadah lalu aduk rata.

Tumis 3 siung bawang putih yang sudah dihalus sampai harum, lalu tambahkan 200 ml air lalu aduk dan masak hingga mendidih, angkat

Lalu tuangkan ke dalam adonan tepung sambil terus di aduk rata, kemudian uleni hingga kalis.

Bentuk adonan sesuai selera atau bisa juga di bentuk bulat lalu pipihkan. Agar adonan cireng tidak lengket balurkan tepung terigu pada tangan saat mau memipihkan adonan.

Panaskan minyak, lalu goreng di atas api kecil sampai warnanya menjadi kecoklatan dan matang merata, angkat dan tiriskan.

Haluskan bahan-bahan untuk bumbu kuah menggunakan cobek

Sajikan Cireng dengan bumbu kuah selagi cireng masih panas, eummm yummmy

Selesaiii deh! Cireng salju super enak siap bunda santap bersama keluarga. Cocok banget di santap ketika cuaca hujan, dingin-dingin empuk. Yummyyyyy!

Catatan: Supaya cireng ketika di goreng tidak meletus, karena pengaruh dari tepung kanji, adonan tepungnya bisa bunda tambah baking powder 1 sendok teh... Insaalloh nanti hasilnya cireng akan gembung-gumbung dan mulus tanpa meletusss.

Selamat mencoba  bund, dan semoga berhasilll bund!

Foto by Diah Didi

Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×