Resep Membuat Manisan Mangga Muda. Enak dan Menyegarkan

Wednesday, 10 February 2016

Resep Membuat Manisan Mangga Muda. Enak dan Menyegarkan

Resep Membuat Manisan Mangga Muda. Enak dan Menyegarkan
Resep Manisan Mangga Muda - Untuk membuat manisan mangga versi yang saya posting ini memang membutuhkan waktu yang tidak singkat, hanya saja jika telah jadi maka manisan mangga ini tahan di suhu ruang sehingga anda tidak perlu memasukkannya ke dalam kulkas. Sirup gula yang  kental yang melapisi permukaan mangga berfungsi sebagai bahan pengawet makanan yang efekif. Tentu saja anda tetap bisa menyantapnya langsung tanpa harus menunggu air gula berubah menjadi sirup kental, terutama jika jumlah mangga yang digunakan hanya sedikit sehingga kurang efektif untuk  dirubah menjadi manisan.

Manisan mangga ini sering sekali dibuat oleh Ibu saya di Ngawi, ketika musim buah mangga melimpah ruah disana dan harganya pun menjadi sangat murah. Ibu saya biasanya akan membuat sepanci besar manisan untuk bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Sirup gulanya yang kental, pedas, asam dan manis ini juga lezat jika dicairkan dengan air dan ditambahkan es batu ke dalamnya. Pas untuk menyegarkan tenggorokan saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Tips untuk membuat manisan mangga ini adalah menggunakan mangga yang masih keras. Hasil terbaik diberikan jika mangga masih setengah matang saat warnanya mulai kekuningan, namun masih mengkal dan masam. Kondisi seperti ini akan menghasilkan manisan mangga yang selain lebih sedap juga terlihat menarik. Jangan menggunakan mangga yang layu atau terlalu matang ya, karena saat terendam air gula akan menjadi sangat lembek sehingga rasanya kurang oke.

Berikut resepnya ya.

Manisan Mangga

Bahan - Bahan
  • 3 buah mangga yang masih mudah, berat + 1 kg, kupas, potong-potong tipis memanjang
  • 250 gram gula pasir
  • 5 butir cabai merah keriting, dihaluskan
  • 3 butir cabai rawit, dihaluskan
  • 1 liter air
  • 1/2 sendok makan garam

Cara Membuat Manisan Buah Mangga


Siapkan panci, masukkan air, garam, gula dan cabai halus. Masak hingga mendidih dan gula larut. Biarkan mendingin.

Masukkan mangga ke dalam mangkuk yang agak besar, tuangkan air gula sambil mangga diaduk-aduk dan semua bagian tenggelam dalam air. Tutup mangkuk dan biarkan semalamam.


Hari kedua:

Tiriskan mangga, kemudian masukkan  air gula perendam ke dalam panci dan rebus hingga mendidih dan airnya berkurang hampir setengahnya. Dinginkan.

Siramkan air gula ke dalam mangga, aduk rata. Tutupi mangkuk dan diamkan semalaman.

Hari ketiga:

Lakukan hal yang sama seperti hari kedua, kali ini rebus air gula hingga agak mengental. Dinginkan dan tuangkan ke mangga dan aduk rata. Pada tahap ini mangga menyusut hingga separuh volume semula dan terlihat mengkerut dan berbau alkohol. Biarkan semalaman.


Hari keempat:

Keesokan harinya jika air gula masih terlihat encer maka rebus kembali hingga kental, dinginkan dan masukkan mangga ke dalam sirup gula yang telah mengental, aduk rata. Mangga siap disantap, dalam kondisi seperti ini mangga tahan di suhu ruang. Masukkan manisan mangga dalam stoples tertutup rapat. Enjoy!

Selamat mencoba

Sumber : http://www.justtryandtaste.com/

Baca juga:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×