Resep Sarang Semut Enaaak Kenyal Dijamin Laris Kalo di Jual

Monday, 23 January 2017

Resep Sarang Semut Enaaak Kenyal Dijamin Laris Kalo di Jual

Resep Sarang Semut Enaaak Kenyal Dijamin Laris Kalo di Jual
Resep Sarang Semut - Ini resep yg paling banyak di rebake setelah ksb dulu, malah udh dipakai jualan oleh beberapa bakul kue di instagram. Kog sy tau? Ya krn yg pakai resep ini utk jualan, ngaku trus dm sy ngucapin terimakasih hehehe... sy senang kalo resep yg sy share bisa bermanfaat atau jd sumber rejeki bagi org lain, secara ga langsung jd saluran berkat buat org lain kan 😉

Sarang semut ini beda dg yg dulu pernah sy posting ya. Yg itu resep catatan nina. Klo yg ini hasil coba2 sy berdasarkan ingatan sy akan resep sarang semut bikinan mama sy yg enaaaaak itu 😄 mama sy lupa takarannya krn udh bertahun2 ngga bikin, ukurnya jg pake gelas belimbing. Akhirnya sy nyoba2 sendiri deh sambil ditimbang...jujur resep ini hasil kolaborasi ingatan sy dg pembantu sy yg tua itu 😁😄 krn dulu kan dia yg suka bantuin mama sy jd masih inget lah dikit2, sisanya ya sy kira2 sendiri.

Coba 1x lgsg berhasil. Cukup puas sama hasilnya, mirip sarang semut mama. Sarang semut ini teksturnya kenyal krn ada campuran tapiokanya. Sy sukaa sama tekstur kue yg kenyal2 dibanding lembek2...sarang semut ini selesai dipanggang akan kelihatan berminyak sekali, tenang aja pas sarang semutnya dingin minyaknya akan hilang menyerap pkknya rasanya enaak. Ntar kapan2 sy coba bikin lg trus kurangin butternya 50gr mau tau hasilnya gimana.

O ya usahain bikinnya jgn full margarin ya...apalagi yg merk blueb*** itu, sy yakin hasilnya bakalan asiiiin banget 😂😂 kalo mau pake margarin cari lah margarin yg rasanya ngga asiiin. Ok selamat mencoba

Sarang Semut

Bahan-bahan 
  • 500 gram gula pasir
  • 500 ml air panas
  • 5 butir telur ayam
  • 150 gram terigu
  • 150 gram tapioka / sagu
  • 200 ml susu kental manis
  • 200 gram butter
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue

Cara Membuat Sarang Semut

Buat caramel dengan cara panaskan gula pasir diatas wajan di atas api keciil, jangan di aduk biarkan sampai meleleh semua, lalu tuangkan air panas pelan-pelan aduk sampai gula larut. dan matikan api. Biarkan sampai dingin


Ayak terigu, tapioka, baking powder dan soda kue. Sisihkan, lalu campurkan telur dan susu kental manis cukup pakai whisker sampai rata. Foto step-stepnya saya pakai yang lama ya 😄 sama dengan resep yang pernah saya posting


Masukkan ke dalam campuran telur, tepung yang sudah diayak bergantian dengan caramel sampai habis, aduk rata


Tambahkan butter cair. Aduk rata dengan whisker. Jika masih bergerindil. Saring


Penampakan adonan sarang semut yang sudah siap dipanggang. Adonan memang bentuknya cair bund ya


Tuangkan adonan kue ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang sampai matang. Saya panggang kira-kira selama 45 menit dengan suhu 175 derajad, api atas bawah


Kue sarang semut yang sudah matang. Keluarkan dari loyang. Jika sudah dingin baru potong-potong


Catatan

Update kemarin saya bikin sarang semut. Butter saya kurangin. Saya pakai 100 gram butter dan 50 gram blueband. Selebihnya resep sama. Hasilnya kurang ok ya. Hari ke 2 kue kenyal cenderung keras beda dengan yang pakai butter 200 gr kue kenyal tapi lembut sampai besoknya. Jadi tetap pakai resep yang ini aja ya


Sumber : Xanderskitchen

Baca juga resep lainya di bawah ini :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Previous
Next Post »

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×