Skip to main content
Begini Tips Agar Cabai Bisa Tahan Sampai 6 Bulan, Tanpa Rusak Tanpa Busuk! Para Bunda Wajib Tahu Nih

Begini Tips Agar Cabai Bisa Tahan Sampai 6 Bulan, Tanpa Rusak Tanpa Busuk! Para Bunda Wajib Tahu Nih

Cabai rawit merupakan salah satu bumbu masakan yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan, apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah pecinta masakan pedas.

Karena begitu banyaknya penggunaan cabai sebagai bumbu masakan, maka permintaan cabai semakin meningkat. Bahkan karena itu harganya pun semakin meningkat saja terlebih lagi jika masuk musim penghujan. Nah, karena harga cabai semakin hari semakin meningkat, biasanya banyak ibu rumah tangga membeli cabai dalam jumlah yang banyak agar memiliki persediaan yang cukup di dapurnya.

Namun, biasanya masalah yang selalu mereka hadapi yaitu cabai yang dibeli mudah busuk, bahkan tidak terpakai lagi. Mengetahui keadaan seperti ini tentunya sangat disayangkan sekali. Seharusnya cabai bisa bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan beberapa bulan. Tapi kebanyakan cabai yang dibeli hanya mampu bertahan selama beberapa hari saja. Yang mana penyebabnya yaitu karena tidak diperhatikannya cara penyimpanan yang baik dan benar.

Nah, bagi anda yang biasa menghadapi permasalahan seperti ini, untuk saat ini anda jangan merasa khawatir lagi. Pasalnya, ada beberapa cara yang harus anda perhatikan agar cabai yang anda beli tetap tahan lama dan tidak mudah busuk. Tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara menyimpannya dengan baik dan benar. Namun, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan  tips untuk anda tentang bagaimana cara menyimpan cabai dengan baik dan benar seperti di bawah ini.

Jadi biar awet saya cuci bersih cabai nya, pisahkan cabai hijau dan merah (ini cabe rawit, saya pisah bagian hijau dan merah) lalu saya tiriskan airnya sampai kering. Saya bungkus plastik kecil2 kemudian saya masukan freezer. Ini sudah berbulan-bulan, masalah tekstur, rasa dan warna gak berubah. Ambil sesuai. Kebutuhan ya, cabai yg sudah di keluarkan dari freezer harus segera di masak karena bisa cepat rusak kalau layu.

Apabila anda tidak memiliki kulkas atau lemari pendingin, maka anda bisa menyimpan cabai tersebut pada wadah yang memiliki lubang sehingga tidak akan lembab. Kemudian, simpan atau letakan pada tempat yang terkena angin serta tidak lembab.

Cara-cara di atas bisa anda terapkan agar cabai yang anda beli tetap segar dan tidak akan mudah busuk apalagi jika anda membelinya dalam jumlah yang banyak. Itulah cara menyimpan cabai agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Selamat mencoba