Resep Membuat Cream Puff Ala Bunda Xanderskitchen

Saturday, 4 February 2017

Resep Membuat Cream Puff Ala Bunda Xanderskitchen

Resep Membuat Cream Puff Ala Bunda Xanderskitchen
Kita dirumah paling sukaa sama kue sus aka choux pastry aka cream puff. Makan dingin-dingin nyeess, Kalo di jakarta paling seriing beli di beard papa's, gimana ga beli mulu wong tiap mau masuk xxi pasti ngelewatin counternya beard papa's hehehe, dan kita hampir tiap minggu nonton. Kebayang lah boros nya, beli ngga cukup 10 biji saja.

Sejak itu aku coba-coba bikin sendiri cari resep kira-kira mana yang paling mendekati rasanya beard papa's, dan alhamdullilah bisa dibilang saya berhasil ya, karena anak-anak dan suami bilang enaaak, ga usah beli lagi deh

Cream Puff

Bahan - Bahan
  • 125 gram susu cair
  • 125 gram air
  • 115 gram butter
  • 140 gram tepung terigu (saya pakai kunci biru)
  • 1/4 sendok teh gula
  • 1/4 sendok teh garam
  • 5 butir telur

Cara Membuat Cream Puff

Di dalam panci campurkan air dengan susu, butter, gula dan garam, lalu masak sampai berbuih


Masukkan tepung terigu, aduk cepat, lalu kecilkan api dan teruskan mengaduk


Dalam waktu singkat campuran susu dan terigu akan membentuk gumpalan teruskan mengaduk tidak perlu khawatir jika di bagian bawah panci terlihat ada lapisan kerak, memang begitu seharusnya. Pokoknya masak diatas api minimal 2 sampai 3 menit untuk mengeringkan adonan sampai adonan terlihat halus dan lembut


Pindahkan adonan ke dalam baskom lain, lalu masukkan telur satu persatu sambil adonan terus di kocok menggunakan mixer


Jangan khawatir jika pada saat memasukkan telur pertama, adonan seperti terpisah-pisah, teruskan mengocok nanti adonan akan kembali menyatu menjadi adonan yang lembut.

Adonan sus ini tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer apabila kita angkat adonan akan membentuk segitiga terbalik seperti yang terlihat pada gambar, karena kelembaban tepung berbeda-beda sangat mungkin pemakaian telur tidak sampai 5 butir, bisa kurang. Diperhatikan saja adonannya, jika sudah seperti di foto ini jangan tambahkan telur lagi bund ya


Segera masukkan adonan kue sus ke dalam plastik segitiga / piping bag yang sudah dilengkapi spuit bintang, lalu cetak di loyang yang sudah diolesi mentega, mau alasin kertas roti boleh. Kemarin sih saya ngga, males gunting-gunting hehe


Oven kue sus sampai matang di oven yg sudah dipanaskan lebih dulu. Ingat jangan sekali2 membuka pintu oven pd saat tengah memanggang. Kue sus bakal langsung kempes. Tanda nya kue sus matang kalo buih2 di kue sus sudah hilang semua


Penampakan kue sus yg sudah matang. Kulitnya renyah wangiii butter, dalamnya berongga dan lembut. Makan kulitnya aja udah enaaak bangeett


Tinggal di isi vla deh. Suka2 vla nya apa. Kalo sy sih suka nya vanilla rum. Rum nya yg banyaaak sampe mabok 😁😄 mau di isi vla durian juga bisa tergantung selera


Ini sebagian foto kue sus yg sy bikin. Sy isi dg vla green tea, vanilla rum. Semuanya enaak2. Sy sih banyak stock foto kue sus krn sering bikiiin 😁 kadang bikin jg ga di foto lg krn udah keseringan bikin sih. Makannya dingin2 dimasukkin kulkas dl. Yummy 😋😋 makan 3 juga ngga cukup 😂


Selamat mencoba!

Baca juga resep lainya di bawah ini :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Previous
Next Post »

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×