Skip to main content
Resep Bolu Gulung Ekonomis Super Irit Telur Yg Lembut dan Lentur

Resep Bolu Gulung Ekonomis Super Irit Telur Yg Lembut dan Lentur

Resep Bolu Gulung Ekonomis Super Irit Telur Yg Lembut dan Lentur
Resep Bolu Gulung  - Haloo bundtar, bundtik dan bundsay, akhir-akhir ini aku jarang baking bund, karena aku sibuk ngurusin anak mempersiapkan uus, hehehe... ini juga sku nyempetin bikin bolu gulung super irit telur untuk aku kasih my mom, bolu gulung kali ini aku kasih selai kacang kesukaannya, sekalian aku belajar gulung juga hehehe., karena terakhir membuat bolu gulung ini sudah lama sekali, kira-kira 1 tahun yang lalu, pertama kali aku belajar membuat bolu gulung memakai resep ini, alhamdullilah langsung berhasil dan sukses!

Sangat jarang sekali aku bikin bolu gulung yang polos seperti ini, kalo bolu gulung yang blackforest aku sering dan berani bikin karena kalo ada yang cuil-culi/mleyot masih bisa aku perbaiki dengan ditutup sama coklat serut, kalo bolu gulung yang polos begini nyaliku masi ciut hehehe...

Bolu Gulung

Bahan-bahan
  • Telur 6 butir
  • Gula pasir 90 gram
  • SP/Emulsifier 1.5 sendok teh
  • Tepung segitiga 70 gram
  • Tepung maizena 10 gram
  • Susu bubuk 10 gram
  • Vanilla bubuk 1/4 sendok teh
  • Butter lelehkan 120 gram

Bahan Filling
  • Buttercream atau Selai secukupnya

Cara Membuat Bolu Gulung Irit Telur

Kocok semua bahan-bahan yang ada menjadi 1 kecuali butter yang dilelehkan menggunakan mixer sampai mengembang, pucat dan kental berjejak bund ya, lalu masukkan 120 gram butter yang dilelehkan pada suhu ruang secara perlahan-lahan sambil di aduk pakai Spatula

Tuangkan adonan ke dalam loyang (aku pakai loyang berukuran 24) yang sudah dikasih kertas roti, lalu panggang di dalam oven dengan suhu 190 derajat hingga matang. atau untuk suhunya bisa bunda sesuaikan dengan oven masing-masing bund yaa.

Cara membuat motif : ambil 2 atau 3 sendok makan adonan lalu beri pasta coklat, aduk rata lalu bikin garis lurus kemudian tarik motifnya pakai sumpit bund ya

Setelah matang segera keluarkan bolu dari dalam loyang, dan tunggu pada suhu ruang hingga hangat lalu bolu siap untuk diolesi dengan butterceam atau selai, tunggu sampai dingin kemudian gulungkan.

Kalo bunda memakai selai, boleh bunda gulung meskipun bolu masih dalam keadaan panas.

Untuk tastenya sangat cucok banget dengan lidahku dan keluarga. ringan, tidak ada rasa eneg, kebetulan aku pribadi tidak begitu menyukai dengan cake-cake berat, yang banyak menggunakan kuning telur seperti lapis mandarin/lapis surabaya/lapis legit/bolu gulung yang kutelnya 80% dari pada putel nya hehehe, gampang eneg bund baru makan sedikit juga.

Selamat mencoba bund ya dan jangan lupa bagikan resepnya ke teman yang lain, semoga membatu dan bermanfaat aminnnnn

Resep & Foto by Tintin Rayner