Skip to main content
Resep Membuat Bakso Sapi Praktis Yang Kenyal dan Enak ala Fatmah Bahalwan

Resep Membuat Bakso Sapi Praktis Yang Kenyal dan Enak ala Fatmah Bahalwan

Resep Membuat Bakso Sapi
Resep Bakso Sapi Praktis - Bakso, bakso apa menurut bunda di rumah yang paling enak dan sehat?... Jawabannya menurutku pribadi ialah bakso yang di bikin sendiri, hehehe...
Maksud aku itu, kalo bakso yang di bikin sendiri, tentunya kita bisa mengatur komposisinya, dan kualitas bahan-bahan yang di gunakan. maka dari itu kita tidak perlu khawatir lagi dengan adanya isu di luaran sana, yang katanya ada beberapa penjual bakso yang mengganti dagi sapi dengan daging tikus atau bahkan daging yang sudah busuk.

Selain itu juga kita bisa mengatur bumbu-bumbu dan penyedap lainnya untuk menghasilkan bakso yang enak sesuai selera, misalnya seperti resep bakso sapi yang akan aku bagikan di bawah ini, aku dapat resep ini dan bunda Fatmah Bahalwan dan resepnya cukup praktis dan simple, namun bisa menghasilkan bakso enak, kenyal, dan sehat.

Bakso Sapi

Bahan-bahan
  • Daging sapi tanpa lemak 250 gram
  • Es baru remuk 100 gram
  • Tepung sagu tani / tepung tapioka (kanji) 40 gram
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Garam kasar 1 sendok teh
  • Penyedap rasa sapi 1 sendok teh

Cara Membuat Bakso sapi

Haluskan daging sapi dengan es batu menggunakan blender sampai benar-benar halus, lalu masukkan 1 sendok teh baking powder, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh penyedap rasa sapi dan blender kembali hingga rata, kemudian terakhir masukkan 40 gram tepung sagu, blender lagi sampai rata dan angkat.

Didihkan air sebanyak 2 liter, lalu ambil adonan satu genggam, kemudian cetak dengan bantuan sendok, dan langsung celupkan ke dalam air panas tersebut. biarkan sampai bakso mengapung.

Lakukan terus hal yang sama sampai semua adonan habis. akan di dapat kurang-lebih 25 butir bulatan bakso dengan takaran resep di atas dengan besar bakso yang terlihat pada gambar di atas.

Bagaimana bund, mudah kan? Resep bakso sapi dari bunda Fatimah Balawan ini memang tidak menambahkan bawang putih, namun kalau bunda suka, bisa bunda tambahkan bawang putih secukupnya sesuai dengan selera.

Selamat mencoba bund ya dan Jangan lupa like dan share resepnya ke teman bunda yang lain melalui sosial media yang bunda gunakan.

Resep & Foto by Fatmah Bahalwan